Peluang Usaha Mandiri

Rabu, 24 Juni 2009

Sekilas Mengenai SPSS dan Blog Ini

Kemajuan di bidang komputer saat ini, khususnya software aplikasi statistik, telah membuat pengolahan data statistik menjadi mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan. Karenanya, saat ini aplikasi statistik dalam pengolahan data tidak lagi menjadi hal yang menakutkan. Banyak persoalan statistik yang kompleks , yang dahulu tidak mungkin dikerjakan secara manual, sekarang bisa diselesaikan secara cepat dengan program statistik.
Dari berbagai software statistik yang ada saat ini, SPSS adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan pemakai di seluruh dunia. Berdasarkan pengalaman praktek, menurut penulis ada tiga aspek yang menyebabkan SPSS menjadi software statistik yang terkenal
1. Rancangan menu dalam penginputan dan pengolahan datanya sangat “user friendly”, sehingga dengan mudah dapat dipelajari hanya dengan membaca buku panduan yang banyak tersedia di toko-toko buku. Bahkan tanpa buku panduan pun dapat dipelajari, jika anda mampu membaca fungsi “help” yang disediakan software ini.
2. Kemampuan “spreadsheet” nya, yang memungkinkan kita untuk mengolah data dalam jumlah yang besar secara cepat dan mudah. Ini menyebabkan SPSS lebih unggul dalam mengolah data hasil penelitian survay dibandingkan software-software statistik lainnya.
3. Sejak pertama kali dibuat tahun 1968 oleh tiga mahasiswa Stanford (Norman H. Nie, C. Hadlai (Tex) Hull and Dale H. Bent), SPSS telah berkembang sedemikian rupa dengan menambahkan berbagai fasilitas pengolahan statistik yang beragam, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat lanjut. (Catatan: Versi terakhir dari SPSS saat ini adalah versi 17)
Namun demikian, meskipun SPSS sudah dirancang secara “user friendly”, untuk menguasai berbagai fasilitas yang tersedia pada program ini tentunya tetap memerlukan banyak praktek dan latihan, dengan berbagai variasi persoalan. Oleh karenanya, blog ini sengaja dirancang dalam rangka mengembangkan kemampuan praktis dalam penguasaan SPSS. Tulisan-tulisan yang akan dimuat dalam blog ini terutama adalah tulisan-tulisan yang didasarkan pengalaman praktek dari penulis.

3 komentar:

  1. Web SPSSnya membantu banget. Sekarang aku lagi ada tugas pke SPSS. Tapi klo bisa ada widget archive, biar lebih gampang liat2nya. Nanti klo aku ada pertanyaan ttg SPSS, aku tanya ke sini ya.

    BalasHapus
  2. Tambah terus bos isi operasi SPSS di blog ini sampai lengkap semua fungsi yang bisa dilakukan SPSS... he..he..
    Thanks

    BalasHapus
  3. Ayo, saya mendukung banget. Saya bantu publikasikan blog ini ke para mahasiswa di daerah saya, Jakbar, spt Taruma, Trisakti, Ukrida, dll.

    Masak cuman menjalankan program SPSS saja tidak bisa. Bahkan di saat menyusun skripsi sekalipun.
    Memalukan sekali buat kampus, dosen, dan mahasiswanya.

    BalasHapus