Peluang Usaha Mandiri

Tuesday, June 30, 2009

Grafik Batang Clustered dan Stacked pd SPSS (Seri 2 Grafik)

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya yang membahas mengenai grafik batang sederhana pada SPSS. Untuk memahami tulisan ini, silakan baca tulisan tersebut terlebih dahulu.
Kali ini kita akan membahas mengenai grafik batang clustered dan stacked. Data yang digunakan untuk latihan adalah data tingkat pendidikan dan pendapatan yang telah diberikan pada tulisan sebelumnya tersebut.
Setelah menginput data tersebut, klik Graphs > Legacy Dialogs > Bar. Akan muncul tampilan berikut:

Sebagai latihan, kita akan membuat grafik pendidikan yang dikelompokkan berdasarkan tingkat pendapatan. Klik Clustered, klik Summaries for groups of cases, kemudian klik Define, akan muncul tampilan berikut:

Pada Bar Represent klik % of cases (tentunya anda bisa mencoba pilihan lainnya). Masukkan variabel Pendidikan pada kotak Category Axis dan variabel Pendapatan pada kotak Define Cluster by. Kemudian klik OK. Akan muncul output grafik sebagai berikut:

Ini adalah grafik batang clustered. Apa perbedaannya dengan grafik batang stacked ? Jika anda ambil pilihan stacked pada proses sebelumnya, output grafik akan menjadi sebagai berikut:

Terlihat bahwa perbedaan antara grafik batang clustered dengan stacked adalah jika pada clustered pengelompokkan pendapatan dilakukan secara horizontal (kesamping), pada stacked dilakukan secara bertumpuk vertikal.

No comments:

Post a Comment